Jenis Jenis Sungai Berdasarkan Keadaan Air dan Sumber Airnya

. Monday, November 11, 2013
Jenis-Jenis Sungai Berdasarkan Keadaan Air dan Sumber Airnya .Berdasarkan letak geografis negara indonesia yang tersusun atas banyak pulau dan dikelilingi oleh banyak lautan Maka Sewajarnya akan negara indonesia memiliki banyak sungai, Walapun Ada sungai yang kualitasnya sangat buruk seperti sungai ciliwung.
Lalu kenapa kita perlu mengerti tentang sungai agar kita tau manfaaat yang akan kita dapat dari sebuah sungai jangan sampai sungai kita menjadi kumuh kotor, bau dan memiliki banyak kandungan bahan kiia berbahaya. Jenis jenis sungai sebagai berikut:

Jenis sungai jika dilihat dari keadaan airnya adalah :

1. Sungai Permanen
Pengertian sungai permanen adalah sebuah sungai yang memiliki aliran yang tetap sepanjang tahun walaupun akan ada musim kemarau yang panjang tetapi tetap mengalir contoh dari sungai yang tanpa henti mengalir sepanjang tahun adalah sungai yang berukuran besar seperti sungai kapuas.

2. Sungai Periodik
Pengertian sungai periodik adalah jenis sungai yang memiliki aliran air tidak tetap sepanjang tahun seperti saat musim hujan sungai ini pasti akan mengalir namun saat kemarau tiba sungai ini akan kering kerontang atau airnya hanya sedikit contoh dari sungai jenis ini adalah sungai yang ada didaerah nusa tenggara.

Jenis sungai jika dilihat dari sumber airnya adalah :

1. Sungai Hujan
Pengertian sungai hujan adalah jenis sungai yang airnya berasal dari air hujan tipe ini di indonesia sangat bannyak hampir di semua plosok daerah sampai ke kampung dan dusun dusun terpencil.

2. Sungai Gletser
Pengertian sungai gletser adalah jenis sungai yang airnya berasal dari gumpalan es yang sangat banyak yang terdapat di puncak pegunungan di indo nesia sungai gletser mungkit hanya terdapat di daerah puncak jaya papua saja.

3. Sungai Campuran
Pengertian sungai campuran adalah sungai yang sumber ainya berasal dari air hujan dan air es dan sugai jenis ini banyak terdapat di negara empat musim seperti rusia swiss dan daerah skandavia eropa.

Skian dari saya semoga bermanfaat dan saya ucapkan terimakasih karena telah membaca.

0 comments: